Powered By Blogger

Kamis, 03 April 2014

RKBM perbandingan agama IAIN-SU



RENCANA KEGIATAN
BELAJAR MENGAJAR (RKBM)
       
  Kompetensi, Rencana Kegiatan Pembelajaran, Silabus, Kisi-Kisi Tes Dan Sumber Pembelajaran

Mata Kuliah
Perbandingan Pendidikan
Bobot
2 SKS
Semester/ Program Studi
VII /Pendidikan Agama Islam
Fakultas
Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan  IAIN Sumatera Utara
Nama Dosen
Parlaungan Lubis, MA








FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI
MEDAN


A.   PEMETAAN KOMPETENSI
Pengertian, Tujuan, Obyek dan Ruang Lingkup Perbandingan Pendidikan
 
Prawancara :

Komparasi Problem Pendidikan Maju (Barat ) dan Negara Berkembang (Islam )
Sistem Pendidikan di Negara Amerika dan Negara Eropa ( Inggris, Prancis, Jerman, dan Belanda )
Sistem Perbandingan Macam-Macam strategi dan Macam- Macam Pola Pengembangan Kurikulum
Relevansi Perbandingan Pendidikan, Sejarah Pendidikan, Pendidikan Nasional, dan Pendidikan Internasional

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                              

Pemetaan Konsep Perbandingan Geopolitik, Sosoial Budaya dan Ekonomi Negara-Negara Maju dan Negara Berkembang
Perbandingan Berbagai Aliran dan Macam- Macam Ideologi dalam Pendidikan
                     
Sisitem Pendidikan di Negara Australia, Rusia, dan Jepang
Sistem Pendidikan di Negara Asia (India, Pakistan, Bangladesh, Maroko, dll).
Sistem Pendidikan di Indonesia dan Upaya Membangun pendidikan Nasional Yang Berkualitas
Sistem Pendidikan di Negara-Negara Asean ( Malaysia, Filipina, Singapura, dan Brunai Darussalam )
Sistem Pendidikan di Afrika (Afrika utara, Selatan ) dan Timur Tengah (Mesir, Arab Saudi, Iran, Sudan, dan Turki)
 















B.Rencana Kegiatan Pembelajaran:
    1.Identitas :                                                                                                                                                                                                                         a. Nama Mata Kuliah                                                              : Perbandingan Pendidikan
          b.Kode Mata Kuliah                                                                : MKB-PAI. 0702
          c.Bobot                                                                                    : 2 SKS
          d.Deskripsi Materi                                                                  : Mata kuliah ini membahas ruang lingkup perbandingan pendidikan, dengan              
berbagai aliran dan macam- macam ideologi di dalam pendidikan. Serta  
pemetaan konsep perbandingan sosial, budaya dan ekonomi negara-negara maju  
dan berkembang dengan berbagai problem pendidikan di dalamnya.
         
e.Standar kompetensi Mata Kuliah                                         : Mahasiswa mampu mengambil nilai-nilai positif dari berbagai sistem pendidikan  
                                                                                                         di berbagai negara rangka perbaikan Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia.

2.Rencana Kegiatan Pembelajaran.
No.
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator
Strategi
Waktu
Sumber/kepustakaan
1.
Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian, tujuan, obyek, dan ruang lingkup perbandingan pendidikan.
Pengertian, tujuan, obyek, dan ruang lingkup perbandingan pendidikan.
a.     Mahasiswa mampu menyebutkan pengertian dan tujuan perbandingan pendidikan.
b.     Mahasiswa mampu menjelaskan obyek dan ruang lingkup perbandingan pendidikan.
Ceramah dan diskusi.
2x45 menit.



2.
Mahasiswa dapat menjelaskan Relevansi Pendidikan, Sejarah pendidikan, Pendidikan Nasional, Pendidikan internasional.
Relevansi Pendidikan, Sejarah pendidikan, Pendidikan Nasional, Pendidikan internasional
a.     Mahasiswa mampu menjelaskan Relevansi pendidikan, Sejarah Pendidikan.
b.     Mahasiswa mampu menjelaskan Pendidikan Nasional, peendidikan Internasional.
Ceramah dan diskusi
2x45 menit

3.
Mahasiswa dapat menjelaskan Sistem Perbandingan, macam-macam strategis dan macam-macam pola pengembangan kurikulum.
Sistem perbandingan Macam-macam strategi dan macam-macam pola pengembangan kurikulum.
a.     Mahasiswa mampu menjelaskan sistem perbandingan, macam-macam strategi .
b.     Mahasiswa mampu menjelaskan macam-macam pola pengembangan kurikulum.
Ceramah dan diskusi
2x45 menit

4.
Mahasiswa dapat menjelaskan perbandingan berbagai aliran dan macam-macam ideologi dalam pendidikan.
Perbandingan berbagai aliran dan macam-macam ideologi dalam pendidikan.
a.     Mahasiswa mampu menjelaskan perbandingan berbagai aliran pendidikan.
b.     Mahasiswa mampu menjelaskan macam-macam ideologi dalam pendidikan.
Ceramah dan diskusi
2x45 menit

5.
Mahasiswa dapat menjelaskan pemetaan konsep perbandingan geopolitik, sosial, budaya, dan ekonomi negara-negara maju dan negara-negara berkembang.
Pemetaan konsep perbandingan geopolitik, sosial, budaya, dan ekonomi negara-negara maju dan negara-negara berkembang.
a.     Mahasiswa mampu menjelaskan pemetaan konsep perbandingan geopolitik, sosial , budaya, dan ekonomi negara-negara maju dan negara-negara berkembang.

Ceramah dan diskusi
2x45 menit




6.
Mahasiswa dapat menjelaskan Komparasi Problem Pendidikan di negara maju (barat) dan negara berkembang (islam).
Komparasi Problem Pendidikan di negara maju (barat) dan negara berkembang (islam).
a.     Mahasiswa mampu membedakan Komparasi Problem Pendidikan di negara (maju) dan negara berkembang (islam).
Ceramah dan diskusi
2x45 menit

7.
Mahasiswa dapat menjelaskan Sistem pendidikan di negara Amerika dan negara Eropa (Inggris, Prancis, Jerman dan Belanda).
Sistem pendidikan di negara Amerika dan negara Eropa (Inggris, Prancis, Jerman dan Belanda).
a.     Mahasiswa mampu menjelaskan Sistem pendidikan di negara Amerika.
b.     Mahasiswa mampu menjelaskan sistem pendidikan di negara Eropa (Inggris, Prancis, Jerman dan Belanda).
Ceramah dan diskusi
2x45 menit

8.
Mahasiswa dapat menjelaskan sistem pendidikan di negara Australia, Rusia dan Jepang.
Sistem pendidikan di negara Australia, Rusia dan Jepang.
a.     Mahasiswa mampu menjelaskan sistem pendidikan di negara Australia, Rusia dan Jepang
Ceramah dan diskusi
2x45 menit

9.
Mahasiswa dapat menjelaskan Sistem Pendidikan di Afrika (Afrika Utara, Selatan) dan Timur Tengah (Mesir, Arab Saudi, Iran , Sudan dan Turki).
Sistem Pendidikan di Afrika (Afrika Utara, Selatan) dan Timur Tengah (Mesir, Arab Saudi, Iran , Sudan dan Turki).
a.     Mahasiswa mampu menjelaskan Sistem Pendidikan di Afrika (Afrika Utara, Selatan).
b.     Mahasiswa mampu menjelaskan Sistem Pendidikan di Timur Tengah (Mesir, Arab Saudi, Iran , Sudan dan Turki).
Ceramah dan diskusi
2x45 menit


10.
Mahasiswa dapat menjelaskan sistem Pendidikan di negara Asia (India, Pakistan, Bangladesh, Maroko dll).
Sistem Pendidikan di negara Asia (India, Pakistan, Bangladesh, Maroko dll).
a.     Mahasiswa mampu menjelaskan sistem Pendidikan di negara Asia (India, Pakistan, Bangladesh, Maroko dll).
Ceramah dan diskusi
2x45 menit

11.
Mahasiswa dapat menjelaskan sistem Pendidikan di negara –negara Asean (Malaysia, Filipina, Singapura, dan Brunai Darussalam).
Sistem Pendidikan di negara –negara Asean (Malaysia, Filipina, Singapura, dan Brunai Darussalam).
a.     Mahasiswa mampu menjelaskan sistem Pendidikan di negara –negara Asean (Malaysia, Filipina, Singapura, dan Brunai Darussalam).
Ceramah dan diskusi
2x45 menit

12.
Mahasiswa dapat menjelaskan sistem Pendidikan di Indonesia  dan upaya pembangunan Pendidikan Nasional yang berkualitas.
Sistem Pendidikan di Indonesia  dan upaya pembangunan Pendidikan Nasional yang berkualitas.
a.     Mahasiswa mampu menjelaskan sistem Pendidikan di Indonesia.
b.     Mahahsiswa mampu menjelaskan upaya pembangunan Pendidikan Nasional yang berkualitas.
Ceramah dan diskusi
2x45 menit














A.Satuan Acara Perkuliahan
          Nama Mata Kuliah                           : Perbandingan Pendidikan
          Kode Mata Kuliah                            : MKB – PAI. 0702
          Bobot                                                : 2  SKS
          Waktu Pertemuan                             : 2 x 45 Menit
          Pertemuan Ke                          : 1
1.     Kompetensi Mata Kuliah                  :                                    
a.     Standar Kompetensi mata Kuliah                   : Mahasiswa mengetahui, memahami, dan mampu menerangkan pengertian, tujuan, obyek dan ruang                                                                                     lingkup perbandingan pendidikan.
b.     Kompetensi Dasar                                 : Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian, tujuan, obyek, dan ruang lingkup perbandingan                                                                                         pendidikan.
                                                                                            
2.     Materi                                                         : Pengertian, tujuan, obyek, dan ruang lingkup perbandingan pendidikan.


3.     Indikator     :
a.     Mahasiswa mampu menyebutkan pengertian dan tujuan Perbandingan pendidikan.
b.     Mahasiswa mampu menjelaskan obyek dan ruang lingkup perbandingan pendidikan.

4.     Kegiatan Pembelajaran :
Tahapan
Kegiatan Dosen
Kegiatan Mahasiswa
Media/ Sumber
Pendahuluan
Memulai mata kuliah dengan penjelasan Pengertian, tujuan, obyek, dan ruang lingkup perbandingan pendidikan.


Mencatat penjelasan dosen
Literatul
Penyajian
Mengemukakan defenisi atau pengertian, tujuan, obyek dan ruang lingkup perbandingan pendidikan.
Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengungkapkan pemahamannya terhadap penjelasan materi.
Mendengarkan keterangan dosen, berdialog, bertanya dan berdiskusi dengan dosen tentang materi kuliah yang dibahas.

Penutup
Memberikan penegasan tentang pengertian, tujuan, obyek dan ruang lingkup perbandingan pendidikan.
Mencatat penegasan dosen dan melaksanakan tugas kuliah untuk pertemuan berikutnya.



5.     Evaluasi      :
Meminta pendapat kepada mahasiswa secara lisan atau tulisan tentang pemahaman terhadap pengertian, tujuan, obyek dan ruang lingkup  perbandingan  pendidikan.

6.     Referensi     :












Nama Mata Kuliah                           : Perbandingan Pendidikan
          Kode Mata Kuliah                            : MKB – PAI. 0702
          Bobot                                                : 2  SKS
          Waktu Pertemuan                             : 2 x 45 Menit
          Pertemuan Ke                          : 2
1.     Kompetensi Mata Kuliah                  :                                    
a.     Standar Kompetensi mata Kuliah              : Mahasiswa mengetahui, memahami, dan mampu menerangkan Relevansi Perbandingan         
Pendidikan, Sejarah Pendidikan, Pendidikan Nasional, dan Pendidikan Internasional dengan      
baik.


b.     Kompetensi Dasar                                               :Mahasiswa dapat menjelaskan Relevansi Perbandingan  Pendidikan, Sejarah Pendidikan,      
                                                                         Pendidikan Nasional, dan Pendidikan Internasional.

2.     Materi                                                                  :Relevansi perbandingan pendidikan, sejarah pendidikan, pendidikan nasional dan pendidikan 
                                                                                    Internasional.

3.     Indikator     :
a.     Mahasiswa mampu menjelaskan Relevansi pendidikan , sejarah pendidikan.
b.     Mahasiswa mampu menjelaskan Pendidikan Nasional, Pendidikan internasional.

4.     Kegiatan Pembelajaran  :




Tahapan
Kegiatan Dosen
Kegiatan Mahasiswa
Media/ Sumber
Pendahuluan
Memulai mata kuliah dengan penjelasan tentang Relevansi Perbandingan pendidikan, sejarah pendidikan, pendidikan nasional dan pendidikan internasional.

Mencatat penjelasan dosen
Literatul / sumber.
Penyajian
Mengemukakan penjelasan secara luas tentang Relevansi Perbandingan pendidikan, sejarah pendidikan, pendidikan nasional dan pendidikan internasional.
.
Mendengarkan keterangan dosen, berdialog, bertanya dan berdiskusi dengan dosen tentang materi kuliah yang dibahas, untuk mengungkapkan pemahamannya terhadap penjelasan materi.

Penutup
Memberikan penegasan tentang Relevansi Perbandingan pendidikan, sejarah pendidikan, pendidikan nasional dan pendidikan internasional.
Mencatat penegasan dosen dan melaksanakan tugas kuliah untuk pertemuan berikutnya.


5.     Evaluasi      :
Meminta pendapat kepada mahasiswa secara lisan atau tulisan tentang pemahaman terhadap Relevansi Perbandingan Pendidikan, Sejarah Pendidikan, Pendidikan Nasional dan Pendidikan Internasional.

6.     Referensi     :





Nama Mata Kuliah                           : Perbandingan Pendidikan
          Kode Mata Kuliah                            : MKB – PAI. 0702
          Bobot                                                : 2  SKS
          Waktu Pertemuan                             : 2 x 45 Menit
          Pertemuan Ke                          : 3
1.     Kompetensi Mata Kuliah                  :                                    
a.     Standar Kompetensi mata Kuliah              : Mahasiswa mengetahui, memahami, dan mampu menerangkan tentang Sistem Perbandingan 
                                                                          macam- macam strategi dan macam-macam pola pengembangan kurikulum.


b.     Kompetensi Dasar                                               :Mahasiswa dapat menjelaskan Sistem Perbandingan Maca-macam Strategi dan macam-macam  
                                                                          Pola Pengembangan Kurikulum.

2.     Materi                                                                  :Sistem Perbandingan macam-macam strategi dan macam- macam pola pengembangan
                                                                                    Kurikulum.

3.     Indikator     :
a.     Mahasiswa mampu menjelaskan Sistem Perbandingan macam-macam strategi.
b.     Mahasiswa mampu menjelaskan macam-macam  Pola Pengembangan Kurikulum.


4.     Kegiatan Pembelajaran  :




Tahapan
Kegiatan Dosen
Kegiatan Mahasiswa
Media/ Sumber
Pendahuluan
Memulai mata kuliah dengan penjelasan system Perbandingan macam- macam Strategi dan macam- macam pola Pengembangan Kurikulum .

Mencatat penjelasan dosen
Literatul .
Penyajian
Mengemukakan penjelasan secara luas tentang sistem perbandingan macam- macam strategi dan macam- macam pola pengembangan kurikulum.
.
Mendengarkan keterangan dosen, berdialog, bertanya dan berdiskusi dengan dosen tentang materi kuliah yang dibahas, untuk mengungkapkan pemahamannya terhadap penjelasan materi.

Penutup
Memberikan penegasan tentang sistem perbandingan macam- macam strategi dan macam- macam pola pengembangan kurikulum .
Mencatat penegasan dosen dan melaksanakan tugas kuliah untuk pertemuan berikutnya.


5.     Evaluasi      :
Meminta pendapat kepada mahasiswa secara lisan atau tulisan tentang pemahaman terhadap Sistem Perbandingan macam- macam strategi dan macam- macam pola pengembangan kurikulum.

6.     Referensi     :




             
Nama Mata Kuliah                           : Perbandingan Pendidikan
          Kode Mata Kuliah                            : MKB – PAI. 0702
          Bobot                                                : 2  SKS
          Waktu Pertemuan                             : 2 x 45 Menit
          Pertemuan Ke                          : 4
1.     Kompetensi Mata Kuliah                  :                                    
a.     Standar Kompetensi mata Kuliah              : Mahasiswa mengetahui, memahami, dan mampu menerangkan tentang Perbandingan 
                                                                          Berbagai aliran dan macam- macam ideologi dalam pendidikan.


b.     Kompetensi Dasar                                               :Mahasiswa dapat menjelaskan Perbandingan berbagai aliran dan macam- macam ideologi 
                                                                         dalam pendidikan .

2.     Materi                                                                  : Perbandingan berbagai aliran dan macam- macam ideologi dalam  pendidikan.

3.     Indikator     :
a.     Mahasiswa mampu menjelaskan Perbandingan berbagai aliran pendidikan.
b.     Mahasiswa mampu menjelaskan macam-macam  ideologi dalam pendidikan.


4.     Kegiatan Pembelajaran  :





Tahapan
Kegiatan Dosen
Kegiatan Mahasiswa
Media/ Sumber
Pendahuluan
Memulai mata kuliah dengan penjelasan Perbandingan berbagai aliran dan macam- macam ideologi dalam pendidikan  .

Mencatat penjelasan dosen
Literatul .
Penyajian
Mengemukakan penjelasan secara luas perbandingan berbagai aliran dan macam- macam ideologi dalam pendidikan .
.
Mendengarkan keterangan dosen, berdialog, bertanya dan berdiskusi dengan dosen tentang materi kuliah yang dibahas, untuk mengungkapkan pemahamannya terhadap penjelasan materi.

Penutup
Memberikan penegasan tentang perbandingan berbagai aliran dan macam- macam ideologi dalam pendidikan .
Mencatat penegasan dosen dan melaksanakan tugas kuliah untuk pertemuan berikutnya.


5.     Evaluasi      :
Meminta pendapat kepada mahasiswa secara lisan atau tulisan tentang pemahaman terhadap perbandingan berbagai aliran dan macam- macam ideologi dalam pendidikan.

6.     Referensi     :



Nama Mata Kuliah                           : Perbandingan Pendidikan
          Kode Mata Kuliah                            : MKB – PAI. 0702
          Bobot                                                : 2  SKS
          Waktu Pertemuan                             : 2 x 45 Menit
          Pertemuan Ke                          : 5
1.     Kompetensi Mata Kuliah                  :                                    
a.     Standar Kompetensi mata Kuliah              : Mahasiswa mengetahui, memahami, dan mampu menerangkan tentang pemetaan konsep
                                                                          perbandingan geopolitik, sosial budaya dan ekonomi negara- negara maju dan negara- negara 
                                                                          berkembang .


b.     Kompetensi Dasar                                               :Mahasiswa dapat menjelaskan signifikansi pemetaan konsep perbandingan geopolitik, sosial 
                                                                          budaya, dan ekonomi negara- negara maju dan negara- negara berkembang.

2.     Materi                                                                  :Pemetaan konsep perbandingan geopolitik, sosial budaya, dan ekonomi negara- negara maju
                                                                                   dan negara- negara berkembang.

3.     Indikator     :
a.     Mahasiswa mampu menjelaskan tentang pemetaan konsep perbandingan geopolitik, sosial budaya dan ekonomi negara- negara maju dan negara- negara berkembang.


4.     Kegiatan Pembelajaran  :




Tahapan
Kegiatan Dosen
Kegiatan Mahasiswa
Media/ Sumber
Pendahuluan
Memulai mata kuliah dengan penjelasan tentang pemetaan konsep perbandingan geopolitik, sosial budaya dan ekonomi negara- negara maju dan negara- negara berkembang .

Mencatat penjelasan dosen
Literatul .
Penyajian
Mengemukakan penjelasan tentang pemetaan konsep perbandingan geopolitik, sosial budaya dan ekonomi negara- negara maju dan negara- negara berkembang.
.
Mendengarkan keterangan dosen, berdialog, bertanya dan berdiskusi dengan dosen tentang materi kuliah yang dibahas, untuk mengungkapkan pemahamannya terhadap penjelasan materi.

Penutup
Memberikan penegasan tentang signifikasi pemetaan konsep perbandingan geopolitik, sosial budaya dan ekonomi negara- negara maju dan negara- negara berkembang.
Mencatat penegasan dosen dan melaksanakan tugas kuliah untuk pertemuan berikutnya.


5.     Evaluasi      :
Meminta pendapat kepada mahasiswa secara lisan atau tulisan tentang pemahaman terhadap pemetaan konsep perbandingan geopolitik, sosial budaya dan ekonomi negara- nagara maju dan negara- negara berkembang.

6.     Referensi     :


Nama Mata Kuliah                           : Perbandingan Pendidikan
          Kode Mata Kuliah                            : MKB – PAI. 0702
          Bobot                                                : 2  SKS
          Waktu Pertemuan                             : 2 x 45 Menit
          Pertemuan Ke                          : 6
1.     Kompetensi Mata Kuliah                  :                                    
a.     Standar Kompetensi mata Kuliah              : Mahasiswa mengetahui, memahami, dan mampu menerangkan tentang komparasi problema
                                                                          pendidikan di negara maju (barat) dan negara berkembang (islam).


b.     Kompetensi Dasar                                               :Mahasiswa dapat menjelaskan signifikasi komparasi problema pendidikan di negara maju
                                                                          (barat) dan negara berkembang (islam).

2.     Materi                                                                  :Komparasi problema pendidikan di negara maju (barat) dan negara berkembang (islam).

3.     Indikator     :
a.     Mahasiswa mampu membedakan komparasi problema pendidikan di negara maju (barat) dan negara berkembang (islam).

4.     Kegiatan Pembelajaran  :







Tahapan
Kegiatan Dosen
Kegiatan Mahasiswa
Media/ Sumber
Pendahuluan
Memulai mata kuliah dengan penjelasan komparasi problema pendidikan di negara maju (barat) dan negara berkembang (islam).
Mencatat penjelasan dosen

Penyajian
Mengemukakan penjelasan secara luas tentang komparasi problema pendidikan di negara maju (barat) dan negara berkembang (islam).
.
Mendengarkan keterangan dosen, berdialog, bertanya dan berdiskusi.Memberikan kesempatan kepada mahasisiwa untuk mengungkapkan pemahamannya terhadap penjelasan materi dengan dosen tentang materi kuliah yang dibahas.

Penutup
Memberikan penegasan tentang signifikasi komparasi problema pendidikan di negara maju (barat) dan negara berkembang (islam). .
Mencatat penegasan dosen dan melaksanakan tugas kuliah untuk pertemuan berikutnya.


5.     Evaluasi      :
Meminta pendapat kepada mahasiswa secara lisan atau tulisan tentang pemahaman terhadap komparasi problema pendidikan di negara maju (barat) dan negara berkembang (islam).

6.     Referensi     :

Nama Mata Kuliah                           : Perbandingan Pendidikan
          Kode Mata Kuliah                            : MKB – PAI. 0702
          Bobot                                                : 2  SKS
          Waktu Pertemuan                             : 2 x 45 Menit
          Pertemuan Ke                          : 7
1.     Kompetensi Mata Kuliah                  :                                    
a.     Standar Kompetensi mata Kuliah              : Mahasiswa mengetahui, memahami, dan mampu menerangkan tentang sistem pendidikan di
                                                                          Negara Amerika dan negara Eropa (Inggris, Prancis, Jerman dan Belanda).


b.     Kompetensi Dasar                                               :Mahasiswa dapat menjelaskan Signifikasi sistem pendidikan di negara Amerika dan negara
                                                                          Eropa ( Inggris, Prancis, Jerman dan Belanda) .

2.     Materi                                                                  :Sistem Pendidikan di negara Amerika dan negara Eropa ( Inggris, Prancis, Jerman dan
                                                                                    Belanda).

3.     Indikator     :
a.     Mahasiswa mampu menjelaskan Sistem pendidikan di negara Amerika.
b.     Mahasiswa mampu menjelaskan sistem pendidikan di negara Eropa ( Inggris, Prancis, Jerman dan Belanda).


4.     Kegiatan Pembelajaran  :





Tahapan
Kegiatan Dosen
Kegiatan Mahasiswa
Media/ Sumber
Pendahuluan
Memulai mata kuliah dengan penjelasan sistem pendidikan di negara Amerika dan negara Eropa ( Inggris, Prancis, Jerman dan Belanda). .

Mencatat penjelasan dosen

Penyajian
Mengemukakan penjelasan secara luas tentang sistem pendidikan di negara Amerika dan negara Eropa (Inggris, Prancis, Jerman dan Belanda).
.
Mendengarkan keterangan dosen, berdialog, bertanya dan berdiskusi.Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengungkapkan pemahamannya terhadap penjelasan materi dengan dosen tentang materi kuliah yang dibahas.

Penutup
Memberikan penegasan tentang signifikasi sistem pendidikan di negara Amerika dan negara Eropa ( Inggris, Prancis, Jerman dan Belanda) .
Mencatat penegasan dosen dan melaksanakan tugas kuliah untuk pertemuan berikutnya.


5.     Evaluasi      :
Meminta pendapat kepada mahasiswa secara lisan atau tulisan tentang pemahaman terhadap sistem pendidikan di negara Amerika dan negara Eropa ( Inggris, Prancis, Jerman dan Belanda).

6.     Referensi     :
Nama Mata Kuliah                           : Perbandingan Pendidikan
          Kode Mata Kuliah                            : MKB – PAI. 0702
          Bobot                                                : 2  SKS
          Waktu Pertemuan                             : 2 x 45 Menit
          Pertemuan Ke                          : 8
1.     Kompetensi Mata Kuliah                  :                                    
a.     Standar Kompetensi mata Kuliah              : Mahasiswa mengetahui, memahami, dan mampu menerangkan tentang sistem pendidikan di
                                                                          Negara Australia, Rusia dan Jepang.


b.     Kompetensi Dasar                                               :Mahasiswa dapat menjelaskan Signifikasi sistem pendidikan di negara Australia, Rusia dan
                                                                         Jepang.

2.     Materi                                                                  :Sistem Pendidikan di negara Australia, Rusia dan Jepang.

3.     Indikator     :
a.     Mahasiswa mampu menjelaskan Sistem pendidikan di negara Australia, Rusia dan Jepang.


4.     Kegiatan Pembelajaran  :






Tahapan
Kegiatan Dosen
Kegiatan Mahasiswa
Media/ Sumber
Pendahuluan
Memulai mata kuliah dengan penjelasan sistem pendidikan di negara Australia, Rusia dan Jepang.
Mencatat penjelasan dosen

Penyajian
Mengemukakan penjelasan secara luas tentang sistem pendidikan di negara Australia, Rusia dan Jepang. .
Mendengarkan keterangan dosen, berdialog, bertanya dan berdiskusi.Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengungkapkan pemahamannya terhadap penjelasan materi dengan dosen tentang materi kuliah yang dibahas.

Penutup
Memberikan penegasan tentang signifikasi sistem pendidikan di negara Australia, Rusia dan Jepang.
Mencatat penegasan dosen dan melaksanakan tugas kuliah untuk pertemuan berikutnya.


5.     Evaluasi      :
Meminta pendapat kepada mahasiswa secara lisan atau tulisan tentang pemahaman terhadap sistem pendidikan di negara Australia, Rusia dan Jepang.
6.     Referensi     :


Nama Mata Kuliah                           : Perbandingan Pendidikan
          Kode Mata Kuliah                            : MKB – PAI. 0702
          Bobot                                                : 2  SKS
          Waktu Pertemuan                             : 2 x 45 Menit
          Pertemuan Ke                          : 9
1.     Kompetensi Mata Kuliah                  :                                    
a.     Standar Kompetensi mata Kuliah              : Mahasiswa mengetahui, memahami, dan mampu menerangkan tentang sistem pendidikan di
                                                                          Afrika ( Afrika Utara, Selatan) dan Timur Tengah ( Mesir, Arab Saudi, Iran,  Sudan dan
                                                                          Turki).


b.     Kompetensi Dasar                                               :Mahasiswa dapat menjelaskan Signifikasi sistem pendidikan di negara Afrika ( Afrika Utara,
                                                                         Selatan) dan Timur tengah ( Mesir, Arab saudi, Iran, sudan, dan Taurat)
c.       
2.     Materi                                                                  :Sistem Pendidikan di negara Afrika ( Afrika Utara, Selatan) dan Timur Tengah ( Mesir,
                                                                                    Arab Saudi, Iran, Sudan dan Turki).

3.     Indikator     :
a.     Mahasiswa mampu menjelaskan Sistem pendidikan di negara Afrika ( Afrika Utara, selatan) .
b.     Mahasiswa mampu menjelaskan sisitem pendidikan di negara Timur tengah ( Mesir, Arab Saudi, Iran , sudan dan Turki).


4.     Kegiatan Pembelajaran  :


Tahapan
Kegiatan Dosen
Kegiatan Mahasiswa
Media/ Sumber
Pendahuluan
Memulai mata kuliah dengan penjelasan sistem pendidikan di negara Afrika ( Afrika Utara, Selatan) dan Timur Tengah (Mesir, Arab Saudi, Iran, Sudan dan Turki).
Mencatat penjelasan dosen

Penyajian
Mengemukakan penjelasan secara luas tentang sistem pendidikan di negara Afrika ( Afrika Utara, Selatan) dan Timur Tengah (Mesir, Arab Saudi, Iran, Sudan dan Turki)..
Mendengarkan keterangan dosen, berdialog, bertanya dan berdiskusi.Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengungkapkan pemahamannya terhadap penjelasan materi dengan dosen tentang materi kuliah yang dibahas.

Penutup
Memberikan penegasan tentang signifikasi sistem pendidikan di negara Afrika ( Afrika Utara, Selatan) dan Timur Tengah (Mesir, Arab Saudi, Iran, Sudan dan Turki).
Mencatat penegasan dosen dan melaksanakan tugas kuliah untuk pertemuan berikutnya.


5.     Evaluasi      :
Meminta pendapat kepada mahasiswa secara lisan atau tulisan tentang pemahaman terhadap sistem pendidikan di negara Afrika ( Afrika Utara, Selatan) dan Timur Tengah (Mesir, Arab Saudi, Iran, Sudan dan Turki

6.      Referensi    :

Nama Mata Kuliah                           : Perbandingan Pendidikan
          Kode Mata Kuliah                            : MKB – PAI. 0702
          Bobot                                                : 2  SKS
          Waktu Pertemuan                             : 2 x 45 Menit
          Pertemuan Ke                          : 10
1.     Kompetensi Mata Kuliah                  :                                    
a.     Standar Kompetensi mata Kuliah              : Mahasiswa mengetahui, memahami, dan mampu menerangkan tentang sistem pendidikan di
                                                                          Negara Asia ( India, Pakistan, Bangladesh, Maroko, dll).


b.     Kompetensi Dasar                                               :Mahasiswa dapat menjelaskan Signifikasi sistem pendidikan di negara Asia ( India, Pakistan, 
                                                                         Bangladesh, Maroko, dll).


2.     Materi                                                                  :Sistem Pendidikan di negara Asia ( India, Pakistan, Bangladesh, Maroko, dll).


3.     Indikator     :
a.     Mahasiswa mampu menjelaskan Sistem pendidikan di negara Asia ( India, Pakistan, Bangladesh, Maroko, dll).


4.     Kegiatan Pembelajaran  :




Tahapan
Kegiatan Dosen
Kegiatan Mahasiswa
Media/ Sumber
Pendahuluan
Memulai mata kuliah dengan penjelasan sistem pendidikan di negara Asia (India, Pakistan, Bangladesh, Maroko, dll).
Mencatat penjelasan dosen

Penyajian
Mengemukakan penjelasan tentang sistem pendidikan di negara Asia (India, Pakistan, Bangladesh, Maroko, dll).
Mendengarkan keterangan dosen, berdialog, bertanya dan berdiskusi.Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengungkapkan pemahamannya terhadap penjelasan materi dengan dosen tentang materi kuliah yang dibahas.

Penutup
Memberikan penegasan tentang signifikasi sistem pendidikan di negara Asia (India, Pakistan, Bangladesh, Maroko, dll).
Mencatat penegasan dosen dan melaksanakan tugas kuliah untuk pertemuan berikutnya.


5.     Evaluasi      :
Meminta pendapat kepada mahasiswa secara lisan atau tulisan tentang pemahaman terhadap sistem pendidikan di negara Asia (India, Pakistan, Bangladesh, Maroko, dll).
6.      Referensi    :

Nama Mata Kuliah                           : Perbandingan Pendidikan
          Kode Mata Kuliah                            : MKB – PAI. 0702
          Bobot                                                : 2  SKS
          Waktu Pertemuan                             : 2 x 45 Menit
          Pertemuan Ke                          : 11
1.     Kompetensi Mata Kuliah                  :                                    
a.     Standar Kompetensi mata Kuliah              : Mahasiswa mengetahui, memahami, dan mampu menerangkan tentang sistem pendidikan di
                                                                          Negara- Negara Asean ( Malaysia, Filipina, Singapura, dan Brunai Darussalam).


b.     Kompetensi Dasar                                               :Mahasiswa dapat menjelaskan Signifikasi sistem pendidikan di negara- negara Asean (
                                                                         Malaysia, Filipina, Singapura, dan Brunai Darussalam).

2.     Materi                                                                  :Sistem Pendidikan di negara- negara Asean ( Malaysia, Filipina, Singapura, dan Brunai
                                                                                   darussalam).

3.     Indikator     :
a.     Mahasiswa mampu menjelaskan Sistem pendidikan di negara- negara Asean ( Malaysia, Filipina, Singapura, dan Brunai Darussalam).


4.     Kegiatan Pembelajaran  :




Tahapan
Kegiatan Dosen
Kegiatan Mahasiswa
Media/ Sumber
Pendahuluan
Memulai mata kuliah dengan penjelasan sistem pendidikan di negara- negara Asean ( Malaysia, Filipina, singapura, dan Brunai Darussalam).
Mencatat penjelasan dosen

Penyajian
Mengemukakan penjelasan tentang sistem pendidikan di negara- negara Asean ( Malaysia, Filipina, singapura, dan Brunai Darussalam).
Mendengarkan keterangan dosen, berdialog, bertanya dan berdiskusi.Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengungkapkan pemahamannya terhadap penjelasan materi dengan dosen tentang materi kuliah yang dibahas.

Penutup
Memberikan penegasan tentang signifikasi sistem pendidikan di negara- negara Asean ( Malaysia, Filipina, singapura, dan Brunai Darussalam).
Mencatat penegasan dosen dan melaksanakan tugas kuliah untuk pertemuan berikutnya.


5.     Evaluasi      :
Meminta pendapat kepada mahasiswa secara lisan atau tulisan tentang pemahaman terhadap sistem pendidikan di negara- negara Asean ( Malaysia, Filipina, Singapura, dan Brunai Darussalam).
6.      Referensi    :


Nama Mata Kuliah                           : Perbandingan Pendidikan
          Kode Mata Kuliah                            : MKB – PAI. 0702
          Bobot                                                : 2  SKS
          Waktu Pertemuan                             : 2 x 45 Menit
          Pertemuan Ke                          : 12

1.     Kompetensi Mata Kuliah                  :                                    
a.     Standar Kompetensi mata Kuliah              : Mahasiswa mengetahui, memahami, dan mampu menerangkan tentang sistem pendidikan di
                                                                          Indonesia dan upaya membangun pendidikan nasional yang berkualitas.

b.     Kompetensi Dasar                                               :Mahasiswa dapat menjelaskan Signifikasi sistem pendidikan di Indonesia dan upaya      
                                                                         membangun pendidikan nasional yang berkualitas.

2.     Materi                                                                  :Sistem Pendidikan di Indonesia dan upaya membangun pendidikan nasional yang berkualitas.

3.     Indikator     :
a.     Mahasiswa mampu menjelaskan Sistem pendidikan di Indonesia.
b.     Mahasiswa mampu menjelaskan upaya membangun pendidikan nasional yang berkualitas.


4.     Kegiatan Pembelajaran  :



Tahapan
Kegiatan Dosen
Kegiatan Mahasiswa
Media/ Sumber
Pendahuluan
Memulai mata kuliah dengan penjelasan sistem pendidikan di Indonesia dan upaya membangun pendidikan nasional yang berkualitas.
Mencatat penjelasan dosen

Penyajian
Mengemukakan penjelasan tentang sistem pendidikan di Indonesia dan upaya membangun pendidikan nasional yang berkualitas.
Mendengarkan keterangan dosen, berdialog, bertanya dan berdiskusi.Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengungkapkan pemahamannya terhadap penjelasan materi dengan dosen tentang materi kuliah yang dibahas.

Penutup
Memberikan penegasan tentang signifikasi sistem pendidikan di Indonesia dan upaya membangun pendidikan nasional yang berkualitas.
Mencatat penegasan dosen dan melaksanakan tugas kuliah untuk pertemuan berikutnya.


5.     Evaluasi      :
Meminta pendapat kepada mahasiswa secara lisan atau tulisan tentang pemahaman terhadap sistem pendidikan di Indonesia dan upaya membangun pendidikan nasional yang berkualitas.

6.     Referensi     :









Tidak ada komentar:

Posting Komentar