RENCANA
KEGIATAN
BELAJAR
MENGAJAR (RKBM)
Kompetensi,
Rencana Kegiatan Pembelajaran, Silabus, Kisi-Kisi Tes Dan Sumber Pembelajaran
Mata Kuliah
|
Perbandingan Pendidikan
|
Bobot
|
2 SKS
|
Semester/ Program Studi
|
VII /Pendidikan Agama Islam
|
Fakultas
|
Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan IAIN Sumatera Utara
|
Nama Dosen
|
Parlaungan Lubis, MA
|
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI
MEDAN
A. PEMETAAN KOMPETENSI
Pengertian, Tujuan, Obyek dan Ruang Lingkup Perbandingan Pendidikan
|
Prawancara :
Komparasi Problem Pendidikan Maju (Barat ) dan Negara Berkembang (Islam
)
|
Sistem Pendidikan di Negara Amerika dan Negara Eropa ( Inggris,
Prancis, Jerman, dan Belanda )
|
Sistem Perbandingan Macam-Macam strategi dan Macam- Macam Pola Pengembangan
Kurikulum
|
Relevansi Perbandingan Pendidikan, Sejarah Pendidikan, Pendidikan
Nasional, dan Pendidikan Internasional
|
Pemetaan Konsep Perbandingan Geopolitik, Sosoial Budaya dan Ekonomi
Negara-Negara Maju dan Negara Berkembang
|
Perbandingan Berbagai Aliran dan Macam- Macam Ideologi dalam Pendidikan
|
Sisitem Pendidikan di Negara Australia, Rusia, dan Jepang
|
Sistem Pendidikan di Negara Asia (India, Pakistan, Bangladesh, Maroko,
dll).
|
Sistem Pendidikan di Indonesia dan Upaya Membangun pendidikan Nasional
Yang Berkualitas
|
Sistem Pendidikan di Negara-Negara Asean ( Malaysia, Filipina,
Singapura, dan Brunai Darussalam )
|
Sistem Pendidikan di Afrika (Afrika utara, Selatan ) dan Timur Tengah
(Mesir, Arab Saudi, Iran, Sudan, dan Turki)
|
B.Rencana Kegiatan Pembelajaran:
1.Identitas : a.
Nama Mata Kuliah :
Perbandingan Pendidikan
b.Kode Mata Kuliah :
MKB-PAI. 0702
c.Bobot :
2 SKS
d.Deskripsi Materi :
Mata kuliah ini membahas ruang lingkup perbandingan pendidikan, dengan
berbagai aliran dan macam- macam ideologi di dalam pendidikan. Serta
pemetaan konsep perbandingan sosial, budaya dan ekonomi negara-negara maju
dan berkembang dengan berbagai problem pendidikan di dalamnya.
e.Standar kompetensi Mata Kuliah :
Mahasiswa mampu mengambil nilai-nilai positif dari berbagai sistem pendidikan
di berbagai negara rangka perbaikan Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia.
2.Rencana Kegiatan Pembelajaran.
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
Strategi
|
Waktu
|
Sumber/kepustakaan
|
1.
|
Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian, tujuan, obyek,
dan ruang lingkup perbandingan pendidikan.
|
Pengertian, tujuan, obyek, dan ruang lingkup
perbandingan pendidikan.
|
a. Mahasiswa mampu menyebutkan pengertian dan tujuan perbandingan
pendidikan.
b. Mahasiswa mampu menjelaskan obyek dan ruang lingkup perbandingan
pendidikan.
|
Ceramah dan diskusi.
|
2x45 menit.
|
2.
|
Mahasiswa
dapat menjelaskan Relevansi Pendidikan, Sejarah pendidikan, Pendidikan
Nasional, Pendidikan internasional.
|
Relevansi
Pendidikan, Sejarah pendidikan, Pendidikan Nasional, Pendidikan internasional
|
a. Mahasiswa mampu menjelaskan Relevansi pendidikan, Sejarah Pendidikan.
b. Mahasiswa mampu menjelaskan Pendidikan Nasional, peendidikan
Internasional.
|
Ceramah dan
diskusi
|
2x45 menit
|
|
3.
|
Mahasiswa dapat menjelaskan Sistem Perbandingan, macam-macam
strategis dan macam-macam pola pengembangan kurikulum.
|
Sistem perbandingan Macam-macam strategi dan macam-macam pola
pengembangan kurikulum.
|
a.
Mahasiswa
mampu menjelaskan sistem perbandingan, macam-macam strategi .
b.
Mahasiswa mampu menjelaskan macam-macam pola
pengembangan kurikulum.
|
Ceramah dan
diskusi
|
2x45 menit
|
|
4.
|
Mahasiswa
dapat menjelaskan perbandingan berbagai aliran dan macam-macam ideologi dalam
pendidikan.
|
Perbandingan
berbagai aliran dan macam-macam ideologi dalam pendidikan.
|
a. Mahasiswa mampu menjelaskan perbandingan berbagai aliran pendidikan.
b. Mahasiswa mampu menjelaskan macam-macam ideologi dalam pendidikan.
|
Ceramah dan
diskusi
|
2x45 menit
|
|
5.
|
Mahasiswa
dapat menjelaskan pemetaan konsep perbandingan geopolitik, sosial, budaya,
dan ekonomi negara-negara maju dan negara-negara berkembang.
|
Pemetaan
konsep perbandingan geopolitik, sosial, budaya, dan ekonomi negara-negara
maju dan negara-negara berkembang.
|
a. Mahasiswa mampu menjelaskan pemetaan konsep perbandingan geopolitik,
sosial , budaya, dan ekonomi negara-negara maju dan negara-negara berkembang.
|
Ceramah dan
diskusi
|
2x45 menit
|
6.
|
Mahasiswa
dapat menjelaskan Komparasi Problem Pendidikan di negara maju (barat) dan
negara berkembang (islam).
|
Komparasi
Problem Pendidikan di negara maju (barat) dan negara berkembang (islam).
|
a. Mahasiswa mampu membedakan Komparasi Problem Pendidikan di negara (maju)
dan negara berkembang (islam).
|
Ceramah dan
diskusi
|
2x45 menit
|
|
7.
|
Mahasiswa
dapat menjelaskan Sistem pendidikan di negara Amerika dan negara Eropa (Inggris, Prancis, Jerman dan Belanda).
|
Sistem
pendidikan di negara Amerika dan negara
Eropa (Inggris, Prancis, Jerman dan Belanda).
|
a.
Mahasiswa
mampu menjelaskan Sistem pendidikan di negara Amerika.
b.
Mahasiswa mampu menjelaskan sistem
pendidikan di negara Eropa (Inggris, Prancis, Jerman dan Belanda).
|
Ceramah dan
diskusi
|
2x45 menit
|
|
8.
|
Mahasiswa dapat
menjelaskan sistem pendidikan di negara Australia, Rusia dan Jepang.
|
Sistem
pendidikan di negara Australia, Rusia dan Jepang.
|
a. Mahasiswa mampu menjelaskan sistem pendidikan di negara Australia, Rusia
dan Jepang
|
Ceramah dan
diskusi
|
2x45 menit
|
|
9.
|
Mahasiswa
dapat menjelaskan Sistem Pendidikan di Afrika (Afrika Utara, Selatan) dan
Timur Tengah (Mesir, Arab Saudi, Iran , Sudan dan Turki).
|
Sistem
Pendidikan di Afrika (Afrika Utara, Selatan) dan Timur Tengah (Mesir, Arab
Saudi, Iran , Sudan dan Turki).
|
a. Mahasiswa mampu menjelaskan Sistem Pendidikan di Afrika (Afrika Utara,
Selatan).
b. Mahasiswa mampu menjelaskan Sistem Pendidikan di Timur Tengah (Mesir,
Arab Saudi, Iran , Sudan dan Turki).
|
Ceramah dan
diskusi
|
2x45 menit
|
10.
|
Mahasiswa
dapat menjelaskan sistem Pendidikan di negara Asia (India, Pakistan,
Bangladesh, Maroko dll).
|
Sistem
Pendidikan di negara Asia (India, Pakistan, Bangladesh, Maroko dll).
|
a. Mahasiswa mampu menjelaskan sistem Pendidikan di negara Asia (India,
Pakistan, Bangladesh, Maroko dll).
|
Ceramah dan
diskusi
|
2x45 menit
|
|
11.
|
Mahasiswa
dapat menjelaskan sistem Pendidikan di negara –negara Asean (Malaysia,
Filipina, Singapura, dan Brunai Darussalam).
|
Sistem
Pendidikan di negara –negara Asean (Malaysia, Filipina, Singapura, dan Brunai
Darussalam).
|
a. Mahasiswa mampu menjelaskan sistem Pendidikan di negara –negara Asean
(Malaysia, Filipina, Singapura, dan Brunai Darussalam).
|
Ceramah dan
diskusi
|
2x45 menit
|
|
12.
|
Mahasiswa
dapat menjelaskan sistem Pendidikan di Indonesia dan upaya pembangunan Pendidikan Nasional
yang berkualitas.
|
Sistem
Pendidikan di Indonesia dan upaya
pembangunan Pendidikan Nasional yang berkualitas.
|
a. Mahasiswa mampu menjelaskan sistem Pendidikan di Indonesia.
b. Mahahsiswa mampu menjelaskan upaya pembangunan Pendidikan Nasional yang
berkualitas.
|
Ceramah dan
diskusi
|
2x45 menit
|
A.Satuan Acara Perkuliahan
Nama Mata Kuliah : Perbandingan
Pendidikan
Kode Mata Kuliah : MKB – PAI. 0702
Bobot : 2 SKS
Waktu Pertemuan : 2 x 45 Menit
Pertemuan Ke : 1
1. Kompetensi Mata Kuliah :
a. Standar Kompetensi mata Kuliah :
Mahasiswa mengetahui, memahami, dan mampu menerangkan pengertian, tujuan, obyek
dan ruang lingkup
perbandingan pendidikan.
b. Kompetensi Dasar :
Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian, tujuan, obyek, dan ruang lingkup
perbandingan pendidikan.
2. Materi :
Pengertian, tujuan, obyek, dan ruang lingkup perbandingan pendidikan.
3. Indikator :
a. Mahasiswa mampu menyebutkan pengertian dan tujuan Perbandingan pendidikan.
b. Mahasiswa mampu menjelaskan obyek dan ruang lingkup perbandingan
pendidikan.
4. Kegiatan Pembelajaran :
Tahapan
|
Kegiatan
Dosen
|
Kegiatan
Mahasiswa
|
Media/
Sumber
|
Pendahuluan
|
Memulai mata kuliah dengan penjelasan Pengertian, tujuan, obyek, dan ruang lingkup
perbandingan pendidikan.
|
Mencatat
penjelasan dosen
|
Literatul
|
Penyajian
|
Mengemukakan defenisi atau pengertian, tujuan, obyek dan ruang
lingkup perbandingan pendidikan.
Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengungkapkan
pemahamannya terhadap penjelasan materi.
|
Mendengarkan
keterangan dosen, berdialog, bertanya dan berdiskusi dengan dosen tentang
materi kuliah yang dibahas.
|
|
Penutup
|
Memberikan penegasan tentang pengertian, tujuan, obyek dan ruang
lingkup perbandingan pendidikan.
|
Mencatat
penegasan dosen dan melaksanakan tugas kuliah untuk pertemuan berikutnya.
|
5.
Evaluasi :
Meminta
pendapat kepada mahasiswa secara lisan atau tulisan tentang pemahaman terhadap
pengertian, tujuan, obyek dan ruang lingkup
perbandingan pendidikan.
6.
Referensi :
Nama Mata Kuliah :
Perbandingan Pendidikan
Kode Mata Kuliah : MKB – PAI. 0702
Bobot : 2 SKS
Waktu Pertemuan : 2 x 45 Menit
Pertemuan Ke : 2
1. Kompetensi Mata Kuliah :
a.
Standar Kompetensi mata Kuliah : Mahasiswa mengetahui, memahami,
dan mampu menerangkan Relevansi
Perbandingan
Pendidikan, Sejarah Pendidikan, Pendidikan Nasional, dan
Pendidikan Internasional dengan
baik.
b.
Kompetensi Dasar :Mahasiswa dapat
menjelaskan Relevansi Perbandingan Pendidikan, Sejarah Pendidikan,
Pendidikan Nasional, dan Pendidikan Internasional.
2. Materi :Relevansi
perbandingan pendidikan, sejarah pendidikan, pendidikan nasional dan
pendidikan
Internasional.
3. Indikator :
a. Mahasiswa mampu menjelaskan Relevansi pendidikan , sejarah pendidikan.
b. Mahasiswa mampu menjelaskan Pendidikan Nasional, Pendidikan internasional.
4. Kegiatan Pembelajaran :
Tahapan
|
Kegiatan Dosen
|
Kegiatan Mahasiswa
|
Media/ Sumber
|
Pendahuluan
|
Memulai mata kuliah dengan penjelasan tentang Relevansi Perbandingan pendidikan,
sejarah pendidikan, pendidikan nasional dan pendidikan internasional.
|
Mencatat
penjelasan dosen
|
Literatul / sumber.
|
Penyajian
|
Mengemukakan penjelasan secara luas tentang Relevansi Perbandingan
pendidikan, sejarah pendidikan, pendidikan nasional dan pendidikan
internasional.
.
|
Mendengarkan
keterangan dosen, berdialog, bertanya dan berdiskusi dengan dosen tentang
materi kuliah yang dibahas, untuk mengungkapkan pemahamannya terhadap penjelasan
materi.
|
|
Penutup
|
Memberikan penegasan tentang Relevansi Perbandingan pendidikan, sejarah
pendidikan, pendidikan nasional dan pendidikan internasional.
|
Mencatat
penegasan dosen dan melaksanakan tugas kuliah untuk pertemuan berikutnya.
|
5. Evaluasi :
Meminta pendapat kepada mahasiswa secara lisan atau
tulisan tentang pemahaman terhadap Relevansi Perbandingan Pendidikan, Sejarah
Pendidikan, Pendidikan Nasional dan Pendidikan Internasional.
6. Referensi :
Nama Mata Kuliah :
Perbandingan Pendidikan
Kode Mata Kuliah : MKB – PAI. 0702
Bobot : 2 SKS
Waktu Pertemuan : 2 x 45 Menit
Pertemuan Ke : 3
1. Kompetensi Mata Kuliah :
a.
Standar Kompetensi mata Kuliah : Mahasiswa mengetahui, memahami,
dan mampu menerangkan tentang Sistem Perbandingan
macam- macam strategi dan macam-macam pola pengembangan kurikulum.
b.
Kompetensi Dasar :Mahasiswa
dapat menjelaskan Sistem
Perbandingan Maca-macam Strategi dan macam-macam
Pola Pengembangan Kurikulum.
2. Materi :Sistem Perbandingan macam-macam strategi dan macam- macam pola
pengembangan
Kurikulum.
3. Indikator :
a. Mahasiswa mampu menjelaskan Sistem
Perbandingan macam-macam strategi.
b.
Mahasiswa mampu menjelaskan macam-macam Pola
Pengembangan Kurikulum.
4. Kegiatan Pembelajaran :
Tahapan
|
Kegiatan Dosen
|
Kegiatan Mahasiswa
|
Media/ Sumber
|
Pendahuluan
|
Memulai mata kuliah dengan penjelasan system Perbandingan macam-
macam Strategi dan macam- macam pola Pengembangan Kurikulum .
|
Mencatat
penjelasan dosen
|
Literatul .
|
Penyajian
|
Mengemukakan penjelasan secara luas tentang sistem perbandingan macam- macam strategi dan macam- macam pola pengembangan
kurikulum.
.
|
Mendengarkan
keterangan dosen, berdialog, bertanya dan berdiskusi dengan dosen tentang
materi kuliah yang dibahas, untuk mengungkapkan pemahamannya terhadap penjelasan
materi.
|
|
Penutup
|
Memberikan penegasan tentang sistem perbandingan macam- macam
strategi dan macam- macam pola pengembangan kurikulum .
|
Mencatat
penegasan dosen dan melaksanakan tugas kuliah untuk pertemuan berikutnya.
|
5. Evaluasi :
Meminta pendapat kepada mahasiswa secara lisan atau
tulisan tentang pemahaman terhadap Sistem
Perbandingan macam- macam strategi dan macam- macam pola
pengembangan kurikulum.
6. Referensi :
Nama Mata Kuliah :
Perbandingan Pendidikan
Kode Mata Kuliah : MKB – PAI. 0702
Bobot : 2 SKS
Waktu Pertemuan : 2 x 45 Menit
Pertemuan Ke : 4
1. Kompetensi Mata Kuliah :
a.
Standar Kompetensi mata Kuliah : Mahasiswa mengetahui, memahami,
dan mampu menerangkan tentang Perbandingan
Berbagai aliran dan macam- macam ideologi dalam pendidikan.
b.
Kompetensi Dasar :Mahasiswa dapat
menjelaskan Perbandingan berbagai aliran dan macam- macam
ideologi
dalam pendidikan .
2. Materi :
Perbandingan berbagai aliran dan macam- macam ideologi dalam pendidikan.
3. Indikator :
a. Mahasiswa mampu menjelaskan Perbandingan
berbagai aliran pendidikan.
b.
Mahasiswa mampu menjelaskan macam-macam ideologi dalam pendidikan.
4. Kegiatan Pembelajaran :
Tahapan
|
Kegiatan Dosen
|
Kegiatan Mahasiswa
|
Media/ Sumber
|
Pendahuluan
|
Memulai mata kuliah dengan penjelasan Perbandingan berbagai aliran dan macam- macam ideologi
dalam pendidikan .
|
Mencatat
penjelasan dosen
|
Literatul .
|
Penyajian
|
Mengemukakan penjelasan secara luas perbandingan berbagai aliran dan macam- macam ideologi
dalam pendidikan .
.
|
Mendengarkan
keterangan dosen, berdialog, bertanya dan berdiskusi dengan dosen tentang
materi kuliah yang dibahas, untuk mengungkapkan pemahamannya terhadap penjelasan
materi.
|
|
Penutup
|
Memberikan penegasan tentang perbandingan berbagai aliran dan macam- macam ideologi
dalam pendidikan .
|
Mencatat
penegasan dosen dan melaksanakan tugas kuliah untuk pertemuan berikutnya.
|
5. Evaluasi :
Meminta pendapat kepada mahasiswa secara lisan atau
tulisan tentang pemahaman terhadap perbandingan berbagai aliran dan macam-
macam ideologi dalam pendidikan.
6. Referensi :
Nama Mata Kuliah :
Perbandingan Pendidikan
Kode Mata Kuliah : MKB – PAI. 0702
Bobot : 2 SKS
Waktu Pertemuan : 2 x 45 Menit
Pertemuan Ke : 5
1. Kompetensi Mata Kuliah :
a.
Standar Kompetensi mata Kuliah : Mahasiswa mengetahui, memahami,
dan mampu menerangkan tentang pemetaan konsep
perbandingan
geopolitik, sosial budaya dan ekonomi negara- negara maju dan negara-
negara
berkembang .
b.
Kompetensi Dasar :Mahasiswa dapat
menjelaskan signifikansi pemetaan konsep perbandingan geopolitik, sosial
budaya, dan ekonomi negara- negara maju dan negara- negara berkembang.
2. Materi :Pemetaan
konsep perbandingan geopolitik, sosial budaya, dan ekonomi negara- negara maju
dan negara- negara berkembang.
3. Indikator :
a. Mahasiswa mampu menjelaskan tentang pemetaan konsep perbandingan
geopolitik, sosial budaya dan ekonomi negara- negara maju dan negara- negara
berkembang.
4. Kegiatan Pembelajaran :
Tahapan
|
Kegiatan Dosen
|
Kegiatan Mahasiswa
|
Media/ Sumber
|
Pendahuluan
|
Memulai mata kuliah dengan penjelasan tentang pemetaan konsep perbandingan
geopolitik, sosial budaya dan ekonomi negara- negara maju dan negara- negara
berkembang .
|
Mencatat
penjelasan dosen
|
Literatul .
|
Penyajian
|
Mengemukakan penjelasan tentang pemetaan konsep perbandingan
geopolitik, sosial budaya dan ekonomi negara- negara maju dan negara- negara
berkembang.
.
|
Mendengarkan
keterangan dosen, berdialog, bertanya dan berdiskusi dengan dosen tentang
materi kuliah yang dibahas, untuk mengungkapkan pemahamannya terhadap penjelasan
materi.
|
|
Penutup
|
Memberikan penegasan tentang signifikasi pemetaan konsep perbandingan
geopolitik, sosial budaya dan ekonomi negara- negara maju dan negara- negara
berkembang.
|
Mencatat
penegasan dosen dan melaksanakan tugas kuliah untuk pertemuan berikutnya.
|
5. Evaluasi :
Meminta pendapat kepada mahasiswa secara lisan atau
tulisan tentang pemahaman terhadap pemetaan konsep perbandingan geopolitik,
sosial budaya dan ekonomi negara- nagara maju dan negara- negara berkembang.
6. Referensi :
Nama Mata Kuliah :
Perbandingan Pendidikan
Kode Mata Kuliah : MKB – PAI. 0702
Bobot : 2 SKS
Waktu Pertemuan : 2 x 45 Menit
Pertemuan Ke : 6
1. Kompetensi Mata Kuliah :
a.
Standar Kompetensi mata Kuliah : Mahasiswa mengetahui, memahami,
dan mampu menerangkan tentang komparasi problema
pendidikan di negara maju (barat) dan negara berkembang (islam).
b.
Kompetensi Dasar :Mahasiswa dapat
menjelaskan signifikasi komparasi problema pendidikan di negara maju
(barat) dan negara berkembang (islam).
2. Materi :Komparasi
problema pendidikan di negara maju (barat) dan negara berkembang (islam).
3. Indikator :
a. Mahasiswa mampu membedakan komparasi problema pendidikan di negara maju
(barat) dan negara berkembang (islam).
4. Kegiatan Pembelajaran :
Tahapan
|
Kegiatan Dosen
|
Kegiatan Mahasiswa
|
Media/ Sumber
|
Pendahuluan
|
Memulai mata kuliah dengan penjelasan komparasi problema pendidikan di negara maju
(barat) dan negara berkembang (islam).
|
Mencatat
penjelasan dosen
|
|
Penyajian
|
Mengemukakan penjelasan secara luas tentang komparasi problema
pendidikan di negara maju (barat) dan negara berkembang (islam).
.
|
Mendengarkan
keterangan dosen, berdialog, bertanya dan berdiskusi.Memberikan kesempatan kepada mahasisiwa
untuk mengungkapkan pemahamannya terhadap penjelasan materi dengan dosen tentang materi kuliah yang dibahas.
|
|
Penutup
|
Memberikan penegasan tentang signifikasi komparasi problema pendidikan di negara
maju (barat) dan negara berkembang (islam). .
|
Mencatat
penegasan dosen dan melaksanakan tugas kuliah untuk pertemuan berikutnya.
|
5. Evaluasi :
Meminta pendapat kepada mahasiswa secara lisan atau
tulisan tentang pemahaman terhadap komparasi problema pendidikan di negara maju
(barat) dan negara berkembang (islam).
6. Referensi :
Nama Mata Kuliah :
Perbandingan Pendidikan
Kode Mata Kuliah : MKB – PAI. 0702
Bobot : 2 SKS
Waktu Pertemuan : 2 x 45 Menit
Pertemuan Ke : 7
1. Kompetensi Mata Kuliah :
a.
Standar Kompetensi mata Kuliah : Mahasiswa mengetahui, memahami,
dan mampu menerangkan tentang sistem pendidikan di
Negara
Amerika dan negara Eropa (Inggris, Prancis, Jerman dan Belanda).
b.
Kompetensi Dasar :Mahasiswa dapat
menjelaskan Signifikasi sistem pendidikan di negara Amerika
dan negara
Eropa ( Inggris, Prancis, Jerman dan Belanda) .
2. Materi :Sistem Pendidikan di negara Amerika dan negara Eropa ( Inggris, Prancis,
Jerman dan
Belanda).
3. Indikator :
a. Mahasiswa mampu menjelaskan Sistem
pendidikan di negara Amerika.
b.
Mahasiswa mampu menjelaskan sistem pendidikan di negara Eropa ( Inggris, Prancis, Jerman dan Belanda).
4. Kegiatan Pembelajaran :
Tahapan
|
Kegiatan Dosen
|
Kegiatan Mahasiswa
|
Media/ Sumber
|
Pendahuluan
|
Memulai mata kuliah dengan penjelasan sistem pendidikan di negara Amerika dan
negara Eropa ( Inggris, Prancis, Jerman dan Belanda). .
|
Mencatat
penjelasan dosen
|
|
Penyajian
|
Mengemukakan penjelasan secara luas tentang sistem pendidikan di negara Amerika dan negara Eropa (Inggris, Prancis, Jerman dan
Belanda).
.
|
Mendengarkan
keterangan dosen, berdialog, bertanya dan berdiskusi.Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk
mengungkapkan pemahamannya terhadap penjelasan materi dengan dosen tentang materi kuliah yang dibahas.
|
|
Penutup
|
Memberikan penegasan tentang signifikasi sistem pendidikan di negara
Amerika dan negara Eropa ( Inggris, Prancis, Jerman dan Belanda) .
|
Mencatat
penegasan dosen dan melaksanakan tugas kuliah untuk pertemuan berikutnya.
|
5. Evaluasi :
Meminta pendapat kepada mahasiswa secara lisan atau tulisan
tentang pemahaman terhadap sistem pendidikan di negara Amerika dan negara Eropa
( Inggris, Prancis, Jerman dan Belanda).
6. Referensi :
Nama Mata Kuliah :
Perbandingan Pendidikan
Kode Mata Kuliah : MKB – PAI. 0702
Bobot : 2 SKS
Waktu Pertemuan : 2 x 45 Menit
Pertemuan Ke : 8
1. Kompetensi Mata Kuliah :
a.
Standar Kompetensi mata Kuliah : Mahasiswa mengetahui, memahami,
dan mampu menerangkan tentang sistem pendidikan di
Negara Australia, Rusia dan Jepang.
b.
Kompetensi Dasar :Mahasiswa dapat
menjelaskan Signifikasi sistem pendidikan di negara
Australia, Rusia dan
Jepang.
2. Materi :Sistem Pendidikan di negara Australia, Rusia dan Jepang.
3. Indikator :
a. Mahasiswa mampu menjelaskan Sistem
pendidikan di negara Australia, Rusia dan
Jepang.
4. Kegiatan Pembelajaran :
Tahapan
|
Kegiatan Dosen
|
Kegiatan Mahasiswa
|
Media/ Sumber
|
Pendahuluan
|
Memulai mata kuliah dengan penjelasan sistem pendidikan di negara Australia,
Rusia dan Jepang.
|
Mencatat
penjelasan dosen
|
|
Penyajian
|
Mengemukakan penjelasan secara luas tentang sistem pendidikan di negara Australia, Rusia dan Jepang. .
|
Mendengarkan
keterangan dosen, berdialog, bertanya dan berdiskusi.Memberikan kesempatan kepada mahasiswa
untuk mengungkapkan pemahamannya terhadap penjelasan materi dengan dosen tentang materi kuliah yang dibahas.
|
|
Penutup
|
Memberikan penegasan tentang signifikasi sistem pendidikan di negara
Australia, Rusia dan Jepang.
|
Mencatat
penegasan dosen dan melaksanakan tugas kuliah untuk pertemuan berikutnya.
|
5. Evaluasi :
Meminta pendapat kepada mahasiswa secara lisan atau
tulisan tentang pemahaman terhadap sistem pendidikan di negara Australia, Rusia
dan Jepang.
6. Referensi :
Nama Mata Kuliah :
Perbandingan Pendidikan
Kode Mata Kuliah : MKB – PAI. 0702
Bobot : 2 SKS
Waktu Pertemuan : 2 x 45 Menit
Pertemuan Ke : 9
1. Kompetensi Mata Kuliah :
a.
Standar Kompetensi mata Kuliah : Mahasiswa mengetahui, memahami,
dan mampu menerangkan tentang sistem pendidikan di
Afrika ( Afrika Utara, Selatan) dan Timur Tengah ( Mesir, Arab Saudi,
Iran, Sudan dan
Turki).
b.
Kompetensi Dasar :Mahasiswa dapat
menjelaskan Signifikasi sistem pendidikan di negara Afrika
( Afrika Utara,
Selatan) dan Timur tengah ( Mesir, Arab saudi, Iran, sudan, dan Taurat)
c.
2. Materi :Sistem Pendidikan di negara Afrika ( Afrika Utara, Selatan) dan Timur
Tengah ( Mesir,
Arab Saudi, Iran, Sudan
dan Turki).
3. Indikator :
a. Mahasiswa mampu menjelaskan Sistem
pendidikan di negara Afrika ( Afrika Utara,
selatan) .
b. Mahasiswa mampu menjelaskan sisitem pendidikan di negara Timur tengah (
Mesir, Arab Saudi, Iran , sudan dan Turki).
4. Kegiatan Pembelajaran :
Tahapan
|
Kegiatan Dosen
|
Kegiatan Mahasiswa
|
Media/ Sumber
|
Pendahuluan
|
Memulai mata kuliah dengan penjelasan sistem pendidikan di negara Afrika ( Afrika
Utara, Selatan) dan Timur Tengah (Mesir, Arab Saudi, Iran, Sudan dan Turki).
|
Mencatat
penjelasan dosen
|
|
Penyajian
|
Mengemukakan penjelasan secara luas tentang sistem pendidikan di negara Afrika ( Afrika Utara, Selatan) dan Timur Tengah
(Mesir, Arab Saudi, Iran, Sudan dan Turki)..
|
Mendengarkan
keterangan dosen, berdialog, bertanya dan berdiskusi.Memberikan kesempatan kepada mahasiswa
untuk mengungkapkan pemahamannya terhadap penjelasan materi dengan dosen tentang materi kuliah yang dibahas.
|
|
Penutup
|
Memberikan penegasan tentang signifikasi sistem pendidikan di negara Afrika
( Afrika Utara, Selatan) dan Timur Tengah (Mesir, Arab Saudi, Iran, Sudan dan
Turki).
|
Mencatat
penegasan dosen dan melaksanakan tugas kuliah untuk pertemuan berikutnya.
|
5. Evaluasi :
Meminta pendapat kepada mahasiswa secara lisan atau
tulisan tentang pemahaman terhadap sistem pendidikan di negara Afrika ( Afrika
Utara, Selatan) dan Timur Tengah (Mesir, Arab Saudi, Iran, Sudan dan Turki
6. Referensi :
Nama Mata Kuliah :
Perbandingan Pendidikan
Kode Mata Kuliah : MKB – PAI. 0702
Bobot : 2 SKS
Waktu Pertemuan : 2 x 45 Menit
Pertemuan Ke : 10
1. Kompetensi Mata Kuliah :
a.
Standar Kompetensi mata Kuliah : Mahasiswa mengetahui, memahami,
dan mampu menerangkan tentang sistem pendidikan di
Negara Asia ( India, Pakistan, Bangladesh, Maroko, dll).
b.
Kompetensi Dasar :Mahasiswa dapat
menjelaskan Signifikasi sistem pendidikan di negara Asia ( India, Pakistan,
Bangladesh, Maroko,
dll).
2. Materi :Sistem Pendidikan di negara Asia
( India, Pakistan, Bangladesh, Maroko, dll).
3. Indikator :
a. Mahasiswa mampu menjelaskan Sistem
pendidikan di negara Asia ( India, Pakistan, Bangladesh, Maroko, dll).
4. Kegiatan Pembelajaran :
Tahapan
|
Kegiatan Dosen
|
Kegiatan Mahasiswa
|
Media/ Sumber
|
Pendahuluan
|
Memulai mata kuliah dengan penjelasan sistem pendidikan di negara Asia (India, Pakistan, Bangladesh, Maroko, dll).
|
Mencatat
penjelasan dosen
|
|
Penyajian
|
Mengemukakan penjelasan tentang sistem
pendidikan di
negara Asia (India, Pakistan, Bangladesh,
Maroko, dll).
|
Mendengarkan
keterangan dosen, berdialog, bertanya dan berdiskusi.Memberikan kesempatan kepada mahasiswa
untuk mengungkapkan pemahamannya terhadap penjelasan materi dengan dosen tentang materi kuliah yang dibahas.
|
|
Penutup
|
Memberikan penegasan tentang signifikasi sistem pendidikan di negara Asia (India, Pakistan, Bangladesh, Maroko, dll).
|
Mencatat
penegasan dosen dan melaksanakan tugas kuliah untuk pertemuan berikutnya.
|
5. Evaluasi :
Meminta pendapat kepada mahasiswa secara lisan atau
tulisan tentang pemahaman terhadap sistem pendidikan di negara Asia (India, Pakistan, Bangladesh, Maroko, dll).
6. Referensi :
Nama Mata Kuliah :
Perbandingan Pendidikan
Kode Mata Kuliah : MKB – PAI. 0702
Bobot : 2 SKS
Waktu Pertemuan : 2 x 45 Menit
Pertemuan Ke : 11
1. Kompetensi Mata Kuliah :
a.
Standar Kompetensi mata Kuliah : Mahasiswa mengetahui, memahami,
dan mampu menerangkan tentang sistem pendidikan di
Negara- Negara Asean ( Malaysia, Filipina, Singapura, dan Brunai
Darussalam).
b.
Kompetensi Dasar :Mahasiswa dapat
menjelaskan Signifikasi sistem pendidikan di negara- negara Asean (
Malaysia, Filipina, Singapura, dan Brunai Darussalam).
2. Materi :Sistem Pendidikan di negara- negara Asean
( Malaysia, Filipina, Singapura, dan Brunai
darussalam).
3. Indikator :
a. Mahasiswa mampu menjelaskan Sistem
pendidikan di negara- negara Asean ( Malaysia, Filipina, Singapura, dan Brunai
Darussalam).
4. Kegiatan Pembelajaran :
Tahapan
|
Kegiatan Dosen
|
Kegiatan Mahasiswa
|
Media/ Sumber
|
Pendahuluan
|
Memulai mata kuliah dengan penjelasan sistem pendidikan di negara- negara Asean ( Malaysia, Filipina, singapura, dan Brunai
Darussalam).
|
Mencatat
penjelasan dosen
|
|
Penyajian
|
Mengemukakan penjelasan tentang sistem
pendidikan di
negara- negara Asean ( Malaysia, Filipina, singapura, dan Brunai
Darussalam).
|
Mendengarkan
keterangan dosen, berdialog, bertanya dan berdiskusi.Memberikan kesempatan kepada mahasiswa
untuk mengungkapkan pemahamannya terhadap penjelasan materi dengan dosen tentang materi kuliah yang dibahas.
|
|
Penutup
|
Memberikan penegasan tentang signifikasi sistem pendidikan di negara- negara Asean ( Malaysia, Filipina, singapura, dan Brunai
Darussalam).
|
Mencatat
penegasan dosen dan melaksanakan tugas kuliah untuk pertemuan berikutnya.
|
5. Evaluasi :
Meminta pendapat kepada mahasiswa secara lisan atau
tulisan tentang pemahaman terhadap sistem pendidikan di negara- negara Asean ( Malaysia, Filipina, Singapura, dan Brunai
Darussalam).
6. Referensi :
Nama Mata Kuliah :
Perbandingan Pendidikan
Kode Mata Kuliah : MKB – PAI. 0702
Bobot : 2 SKS
Waktu Pertemuan : 2 x 45 Menit
Pertemuan Ke : 12
1. Kompetensi Mata Kuliah :
a.
Standar Kompetensi mata Kuliah : Mahasiswa mengetahui, memahami,
dan mampu menerangkan tentang sistem pendidikan di
Indonesia dan upaya membangun pendidikan nasional yang berkualitas.
b.
Kompetensi Dasar :Mahasiswa
dapat menjelaskan Signifikasi sistem pendidikan di Indonesia dan upaya
membangun pendidikan nasional yang berkualitas.
2.
Materi :Sistem Pendidikan di Indonesia dan
upaya membangun pendidikan nasional yang berkualitas.
3. Indikator :
a. Mahasiswa mampu menjelaskan Sistem
pendidikan di Indonesia.
b. Mahasiswa mampu menjelaskan upaya membangun pendidikan nasional
yang berkualitas.
4. Kegiatan Pembelajaran :
Tahapan
|
Kegiatan Dosen
|
Kegiatan Mahasiswa
|
Media/ Sumber
|
Pendahuluan
|
Memulai mata kuliah dengan penjelasan sistem pendidikan di Indonesia dan upaya membangun pendidikan nasional yang
berkualitas.
|
Mencatat
penjelasan dosen
|
|
Penyajian
|
Mengemukakan penjelasan tentang sistem
pendidikan di Indonesia dan upaya membangun pendidikan nasional yang
berkualitas.
|
Mendengarkan
keterangan dosen, berdialog, bertanya dan berdiskusi.Memberikan kesempatan kepada mahasiswa
untuk mengungkapkan pemahamannya terhadap penjelasan materi dengan dosen tentang materi kuliah yang dibahas.
|
|
Penutup
|
Memberikan penegasan tentang signifikasi sistem pendidikan di Indonesia dan upaya membangun pendidikan nasional yang
berkualitas.
|
Mencatat
penegasan dosen dan melaksanakan tugas kuliah untuk pertemuan berikutnya.
|
5. Evaluasi :
Meminta pendapat kepada mahasiswa secara lisan atau
tulisan tentang pemahaman terhadap sistem pendidikan di Indonesia dan upaya membangun pendidikan nasional yang berkualitas.
6. Referensi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar